Rollout Dali, Tingkatkan Penguasaan ICT untuk Menunjang Pembelajaran

Rollout Developing Active Learning with ICT (DALI) Gugus Sekolah II Kecamatan Merakurak ternyata dapat meningkatkan penguasaan ICT (Information Communication Technologies) dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini berlangsung di gedung pertemuan KPRI “Segar” Kecamatan Merakurak selama 3 hari, yakni 8-10 Oktober 2009 untuk gelombang I dan gelombang II pada tanggal 29-31 Desember 2009.

Fasilitator ICT Jatim sedang mengarahkan Peserta

Fasilitator ICT Jatim sedang mengarahkan Peserta

Kegiatan yang memanfaatkan penggunaan ICT ini diikuti oleh 70 peserta dari 7 lembaga yang ada di gugus II Kecamatan Merakurak, yakni SDN Sambonggede I, SDN Sambonggede II, SDN Mandirejo, SDN Sendanghaji, MI Salafiyah, SDN Kapu I dan SDN Tahulu II. Selama kegiatan berlangsung, peserta dipandu oleh MTT (Master Teacher Training) Dra. Siti Kiswati dan Drs. Muri serta Fasilitator ICT Moch. Sholihan. Tidak hanya itu, DLC Tuban Muhsan dan TIM ICT DBE2 Jatim Auliya Dikmah, Sujoko, dan Arief Nuryadin juga hadir dan mendampingi kegiatan ini sampai usai.
Pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Merakurak Drs. H. M. Tjiptowo ini dilakukan secara berkelompok.

Dimana setiap kelompok dibagikan kartu peran yang didalamnya terdapat tugas/peran yang harus dilakukan oleh setiap orang dalam kelompok tersebut. Pembagian kelompokpun diacak dan diganti pada setiap pergantian sesi. Peserta juga disuguhi ice breaking dan permainan-permainan untuk mengurangi rasa jenuh.
Peserta merasa bahwa pelatihan ini santai tapi serius, hal ini seperti apa yang disampaikan oleh salah satu guru yang berasal dari SDN Sambonggede I, “Sebelum pelatihan, saya khawatir tidak bisa melakukannya, tapi ternyata tidak demikian. Dengan model-model pendekatan pembelajaran dengan memanfaatkan ICT yang telah di real teachingkan kepada anak-anak, ternyata mereka tidak merasakan bahwa sedang belajar” tukas Darsih sambil berlalu membawa makanan.
Pelatihan ini berhasil dengan baik, buktinya segala tugas yang diberikan pelatih, peserta dapat menyelesaikan dengan baik. Adapun karya-karya peserta seperti musium digital, mengedit permainan jeopardy, membuat video, membuat brosur, dll. (Ms)

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    sholihan said,

    Bapak / Ibu silahkan mengirimkan karya tulis ke psbg dewantoro.

  2. 2

    muri said,

    karya tulis yang bapak/ibu kirimkan misalnya cerita sukses dalam pembelajaran atau kegiatan kkg pendapat dan saran tentang pendidikan


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: